Ujian praktik merupakan salah satu dari tiga aspek Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (USBN PAI), aspek yang lain adalah ujian tulis dan akhlak mulia. Ujian praktik dilaksanakan dengan maksud mengukur kemampuan peserta didik dalam menguasai materi amaliah PAI. Adapun aspek PAI yang diujipraktikkan adalah Al Quran dan Fiqh. Bidang yang diujikan pada aspek al Al Quran meliputi membaca, hafalan dan mengartikan/menyimpulkan isi kandungan surat/ayat. Sedangkan pada aspek Fiqh meliputi bersuci dan shalat.
A. MATERI UJIAN PRAKTIK
1. Aspek Al Quran
Standar Kompetensi :
Menerapkan tata cara membaca al Quran menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf.
Kemampuan yang Diuji :
Membaca Al Quran dengan menerapkan hukum bacaan “al”, nun mati/tanwin, qalqalah dan ra serta mad dan waqaf.
Indikator :
1. Peserta didik dapat membaca dan Al Quran dengan baik sesuai ilmu tajwid.
2. Peserta didik dapat menghafal Al Quran dengan baik sesuai ilmu tajwid.
3. Peserta didik dapat mengartikan/menyimpulkan isi kandungan surat pilihan.
Soal :
1.1 Membaca
Bacalah salah satu surat di bawah ini dengan benar sesuai ilmu tajwid :
a. QS. Al Baqarah ayat 1 – 7, 255.
b. QS. Ali Imran ayat 1 – 9 , 190 – 194,
c. QS. Al Kahfi ayat 1 – 12,
d. QS. Yasin ayat 1 – 12,
e. QS. Al Hasyr ayat 18 – 24,
f. QS. At Thariq
g. QS. Al Balad
Aspek yang dinilai : kelancaran, tartil, makhraj, fasih, tajwid.
2.2 Hafalan
Hafalkan surat pendek dari surat Ad Dhuha s/d surat An Nas.
Aspek yang dinilai : kelengkapan hafalan, lancar, tartil, makhraj, fasih, tajwid.
2.3 Mengartikan/menyimpulkan isi kandungan
Artikan dan kemukakan isi kandungan salah satu surat di bawah ini :
a. QS. Surat Al Insyirah,
b. QS. At Tin,
c. Az Zalzalah,
d. QS. Al Adiyat,
e. QS. Al Qariah,
f. QS. At Takatsur,
g. QS. Al ‘Asyr
h. QS. Al Maun
Aspek yang dinilai : ketepatan arti dan pemahaman kandungan surat.
Keterangan :
Penguji dapat memilih/menentukan materi yang diujikan.
2. Aspek Fiqh
Standar Kompetensi :
Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik
shalat wajib maupun shalat sunat.
Kemampuan yang Diuji :
Melaksanakan thaharah dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat sesuai kaifiyat.
Indikator :
1. Peserta didik dapat melaksanakan thaharah sesuai ketentuan.
2. Peserta didik dapat melaksanakan shalat sesuai ketentuan.
Soal :
1.1 Thaharah
Praktikkan Wudhu/Tayamum dengan benar.
Aspek yang dinilai : kesesuaian rukun, ketepatan gerakan dan tertib.
1.2 Shalat
Praktikkan salah satu shalat wajib/sunnat secara berjamaah/munfarid.
Aspek yang dinilai : bacaan, gerakan, kesesuaian bacaan dan
gerak,tuma’ninah dan tertib.
CMIIW (Correct Me If I'm Wrong) \(•˙▽˙•)/ :p wkwkwk
Sumber : Pedoman USBN Agama Islam SMP/MTs 2011/2012