Admin MARKITBEL Admin
Jumlah posting : 194 Karma : 590 Join Date : 14.05.11 Age : 27 Location : Tartarus (Dark Hour)
| Subyek: [Share] Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Agama Islam USBN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2011/2012 Sat Jan 14 2012, 21:40 | |
| No | Standar Kompetensi | Kemampuan yang diuji | Indikator | 1 | Menerapkan tata cara membaca al Quran menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf.
| Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati pada ayat al Quran.
Menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra pada ayat al Quran.
Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf pada ayat al Quran.
Menyebutkan arti QS. at Tin.
Membaca dan menjelaskan makna QS. at Tin.
| Disajikan tabel tentang hukum nun mati/ tanwin dan contoh bacaannya, peserta didik dapat menentukan pasangannya.
Peserta didik dapat menentukan contoh hukum bacaan mim mati.
Ditampilkan ayat al Quran yang mengandung bacaan qalqalah, peserta didik dapat mengklasifikasi jenis hukum bacaan qalqalah.
Disajikan ayat al Quran yang mengandung hukum bacaan mad, peserta didik dapat menentukan nama hukum bacaan mad.
Disajikan ayat al Quran yang mengandung tanda waqaf, peserta didik dapat menentukan nama waqaf.
Disajikan tabel yang berisi potongan ayat dan arti surat al Tin, peserta didik dapat menentukan pasangannya.
Ditampilkan salah satu ayat pada surat al Tin, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungannya.
Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti dalam al Al Hadits
Menampilkan bacaan QS. al Insyirah.
Mempraktikkan perilaku dalam bekerja seperti yang terkandung dalam QS. al Insyirah.
| 2 | Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspekaspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai iman kepada qadha dan qadar serta asmaul husna.
| Menyebutkan arti ayatayat Al Quran yang berkaitan dengan dengan sifat-sifat Allah SWT.
Menjelaskan arti beriman kepada malaikat Menampilkan sikap mencintai al Quran sebagai kitab Allah.
Menjelaskan pengertian beriman kepada rasul Allah.
Meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW.
Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.
Menyebutkan ayat-ayat al Quran yang berkaitan dengan hari akhir.
Menceritakan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam al Quran dan al Hadis.
Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari.
Menyebutkan ayat-ayat al Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
| Ditampilkan ayat Al Quran tentang sifat wajib Allah SWT, peserta didik dapat menentukan sifat wajib Allah pada ayat tersebut.
Dipaparkan ilustrasi perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat memilih perilaku yang mencerminkan perilaku beriman kepada malaikat.
Disajikan beberapa perilaku terhadap al Quran, peserta didik dapat mengkategorikan perilaku mencintai Al Quran.
Ditampilkan beberapa perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengklasifikasikan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul.
Ditampilkan kisah singkat keteladanan Nabi Muhammad SAW., peserta didik dapat menjelaskan sifat wajib bagi rasul yang terkandung dalam kisah tersebut.
Disajikan wacana kejadian pada hari akhir, peserta didik dapat menentukan istilah hari akhir.
Disajikan beberapa ayat al Quran, peserta didik dapat menyebutkan ayat al Quran yang berkaitan dengan hari akhir.
Ditampilkan ayat al Quran atau al Hadits tentang proses hari kiamat, peserta didik dapat menyimpul-kan isi kandungan ayat tersebut.
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
Disajikan wacana tentang peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan contoh qadha dan qadar.
Ditampilkan beberapa ayat al Quran, peserta didik dapat menentukan ayat yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
| 3 | Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasamuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah.
| Menerapkan perilaku terpuji (tawadu, taat, atau sabar) dalam kehidupan sehari-hari.
Menerapkan perilaku terpuji (kerja keras, ulet, tekun dan teliti) dalam kehidupan sehari-hari.
Menerapkan perilaku terpuji (zuhud dan tawakal) dalam kehidupan sehari-hari.
Mengklasifikasikan dan menghindari perilaku tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah) dalam kehidupan sehari-hari.
Menerapkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari.
Mengklasifikasi akibat perilaku tercela (dendam dan munafik) dalam kehidupan sehari-hari.
Menampilkan contoh perilaku qana’ah dan tasamuh dalam kehidup-an seharihari.
Menghindari perilaku tercela (takabur) dalam kehidupan sehari-hari.
| Dideskripsikan cerita tentang perilaku seharihari, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku terpuji (tawadu, taat, atau sabar).
Disajikan beberapa contoh perilaku seharihari, peserta didik dapat mengklasifikasikan contoh perilaku terpuji (kerja keras, ulet, tekun atau teliti).
Disajikan beberapa contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri perilaku terpuji (zuhud atau tawakal).
Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari-hari yang mengandung sikap tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah atau namimah), peserta didik dapat menentukan sikap cara menghindarinya.
Disajikan kasus tentang perilaku makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sikap yang benar berkenaan dengan adab makan dan minum.
Disajikan ayat Al Quran atau hadis rasulullah tentang perilaku tercela (dendam atau munafiq), peserta didik dapat menyimpulkan kandungannya.
Ditampilkan beberapa pernyataan tentang manfaat dari perilaku terpuji, peserta didik dapat mengklasifikasikan manfaat perilaku qanaah.
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan contoh-contoh perilaku tasamuh.
Disajikan sebuah kasus tentang hubungan antar umat beragama, peserta didik dapat menentukan sikap tasamuh yang tepat.
Disajikan ayat al Quran atau al Hadits tentang perilaku tercela, peserta didik dapat menyimpulkan kandungannya.
Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari-hari yang mengandung sikap tercela (takabur), peserta didik dapat menentukan sikap untuk menghindarinya.
| 4 | Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfa-rid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat.
| Menjelaskan ketentuan mandi wajib.
Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat Jumat.
Menerapkan sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah.
Menyebutkan pengertian dan ketentuan shalat sunnat.
| Disajikan tabel tentang hal-hal yang menyebabkan hadas, peserta didik dapat menunjukkan sebab-sebab mandi wajib.
Ditampilkan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan ibadah shalat Jumat, peserta didik dapat mengklasifikasikan rukun khutbah.
Ditampilkan ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sujud yang relevan dengan ilustrasi tersebut.
Disajikan suatu kasus, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis shalat sunnat yang relevan.
Ditampilkan beberapa pernyataan tentang cara melaksanakan shalat sunah, peserta didik dapat menunjukan nama shalat sunat yang dimaksud.
| 5 | Memahami zakat
| Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal.
| Disajikan kondisi sebuah keluarga, peserta didik dapat menentukan besarnya zakat yang harus dikeluarkan.
| 6 | Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber makanan
| Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.
Menerapkan tatacara penyembelihan hewan.
| Ditampilkan beberapa gambar ciri-ciri hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi hewan yang diharamkan.
Peserta didik dapat menunjukkan tata cara menyembelih hewan menurut ajaran Islam
| 7 | Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah
| Menjelaskan pengertian dan ketentuan haji dan umrah.
| Disajikan deskripsi suatu amalan dalam ibadah haji, peserta didik dapat menentukan jenis amalan tersebut.
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan hikmah umrah.
| 8 | Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para sahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di Nusantara.
| Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW.
Menjelaskan misi Nabi Muham-mad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat.
Menceritakan sejarah Nabi Mu-hammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan.
Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah beserta peran ilmuwan Islam.
Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
| Disajikan peristiwa pada masa Nabi Muhammad SAW, peserta didik dapat menunjukkan lokasi peristiwa tersebut pada peta.
Disajikan kisah kehidupan sehari-hari Nabi Muhammad SAW., peserta didik dapat mengidentifikasi akhlak terpuji yang terkandung di dalamnya.
Peserta didik mampu mengidentifikasi kegiatan wirausaha yang dilaksanakan Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat Madinah.
Disajikan ilustrasi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam, peserta didik dapat menunjukkan peran aktif khalifah pada masa tersebut.
Disajikan deskripsi suatu peristiwa, peserta didik dapat mengidentifikasi cara masuknya Islam di Nusantara (perdagangan, sosial, atau pegajaran).
Dideskripsikan perjuangan sebuah kerajaan Islam dalam melawan penjajah, peserta didik mampu meng-identifikasi kerajaan yang dimaksud.
Disajikan deskripsi seni budaya, peserta didik dapat menyimpulkan seni budaya lokal yang bernuansa Islam
Disajikan deskripsi suatu tradisi atau upacara adat kesukuan di Indonesia, peserta didik mampu menentukan tradisi atau upacara yang dimaksud.
|
CMIIW \(•˙▽˙•)/ Sumber : BSNP, Ditjen Pendidikan Islam and Here | |
|