MARKITBEL Forum

Mari Kita Belajar!
 
IndeksCalendarGalleryFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
W E L C O M E   T O   M A R K I T B E L '  S   F O R U M
SELAMAT DATANG DI FORUM MARKITBEL
SUGENG RAWUH ING FORUM MARKITBEL
Forum akan di-update setiap hari Minggu. Terima kasih.
Forum Mendell (http://mendell.forumid.net) telah migrasi ke forum MARKITBEL (http://belajaryuk.forumid.net).Terima kasih.
Silahkan cek e-mail untuk mengaktifkan akun anda, apabila e-mail tidak masuk silahkan chat di Cbox. Terima kasih.
Theme forum telah diubah. Terima kasih.
Latest topics
» Jual Obat Pelancar Haid hp.087760792915
Tue Aug 11 2015, 09:05 by agen.herbal01

» Obat Aborsi - 087760792915 - Obat Telat Bulan
Tue Aug 11 2015, 09:03 by agen.herbal01

» Jual Obat Aborsi - 087760792915 - Obat Telat Bulan
Tue Aug 11 2015, 09:01 by agen.herbal01

» Obat Aborsi - 087760792915 - Obat Penggugur Kandungan
Tue Aug 11 2015, 08:59 by agen.herbal01

» Obat Telat Bulan Herbal hp.087760792915
Tue Aug 11 2015, 08:57 by agen.herbal01

» Soal UTS Kelas XI SMA 2012 (Semester Ganjil)
Fri Oct 04 2013, 21:53 by Admin MARKITBEL

» Perbedaan Mitosis dan Meiosis
Fri Sep 27 2013, 02:17 by Tamu

» belajar b.francis
Tue May 21 2013, 07:59 by Admin MARKITBEL

» sidang MPR
Tue May 14 2013, 16:53 by Tamu

» Soal UTS Kelas X SMA 2012 (Semester Genap)
Thu Mar 14 2013, 22:05 by Admin MARKITBEL

» Metagenesis Bryophyta
Wed Feb 06 2013, 23:26 by brilliantbintang

» Soal UHB Kelas X SMA 2012 (Semester Genap)
Sun Jan 20 2013, 18:09 by Admin MARKITBEL

» Soal UHB Kelas X SMA 2011 (Semester Genap)
Sun Jan 20 2013, 18:06 by Admin MARKITBEL

» Soal UHB Kelas X SMA 2010 (Semester Genap)
Sun Jan 20 2013, 17:52 by Admin MARKITBEL

» Peraturan Forum
Sat Jan 19 2013, 00:11 by Admin MARKITBEL

» Teori cahaya menurut para ahli
Sat Jan 12 2013, 00:47 by Admin MARKITBEL

» [Download] Latihan UH Matematika SMA 2012/2013 V2.0.exe (Logaritma)
Wed Nov 28 2012, 19:50 by Admin MARKITBEL

» Perbedaan jamur protista (Myxomycota dan Oomycota)
Mon Nov 19 2012, 01:46 by Admin MARKITBEL

» Soal UAS Kelas X SMA 2010 (Semester Ganjil)
Mon Nov 19 2012, 01:43 by Admin MARKITBEL

» cit cat
Sun Nov 18 2012, 20:17 by olansipitoeng

Like/Tweet/+1
Most Viewed Topics
Contoh Bioteknologi Konvensional
Dasar-Dasar Bahasa Perancis
Perbedaan Mitosis dan Meiosis
Tryout Bahasa Inggris II UN SMP (Februari 2012)
Soal UTS Kelas X SMA 2012 (Semester Genap)
La nationalité (Nama-nama negara dalam bahasa Perancis
Scandal Love (Fanfic)
Perkembangan dasar pengelompokan unsur
Pernapasan perut dan dada serta istilah dalam pernapasan
Rumus Bangun Ruang Sisi Lengkung


Share | 
 

 [Share] Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Agama Islam USBN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2011/2012

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Admin MARKITBEL
Admin
Admin


Jumlah posting : 194
Karma : 590
Join Date : 14.05.11
Age : 19
Location Location : Tartarus (Dark Hour)

PostSubyek: [Share] Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Agama Islam USBN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2011/2012   Sat Jan 14 2012, 21:40

No
Standar Kompetensi
Kemampuan yang diuji
Indikator
1
Menerapkan tata cara
membaca al Quran
menurut tajwid, mulai
dari cara membaca
“Al”- Syamsiyah dan
“Al”- Qomariyah sampai
kepada menerapkan
hukum bacaan
mad dan waqaf.

Menerapkan hukum
bacaan nun mati/tanwin
dan mim mati pada ayat al
Quran.

Menerapkan hukum bacaan
qalqalah dan ra pada
ayat al Quran.

Menerapkan hukum
bacaan mad dan waqaf
pada ayat al Quran.

Menyebutkan arti QS. at
Tin.

Membaca dan menjelaskan
makna QS. at Tin.

Disajikan tabel tentang hukum nun mati/
tanwin dan contoh bacaannya, peserta didik
dapat menentukan pasangannya.

Peserta didik dapat menentukan contoh
hukum bacaan mim mati.

Ditampilkan ayat al Quran yang
mengandung bacaan qalqalah, peserta didik
dapat mengklasifikasi jenis hukum bacaan
qalqalah.

Disajikan ayat al Quran yang mengandung
hukum bacaan mad, peserta didik dapat
menentukan nama hukum bacaan mad.

Disajikan ayat al Quran yang mengandung
tanda waqaf, peserta didik dapat menentukan
nama waqaf.

Disajikan tabel yang berisi potongan ayat dan
arti surat al Tin, peserta didik dapat
menentukan pasangannya.

Ditampilkan salah satu ayat pada surat al Tin,
peserta didik dapat menyimpulkan isi
kandungannya.

Menjelaskan makna menuntut
ilmu seperti dalam
al Al Hadits

Menampilkan bacaan QS.
al Insyirah.

Mempraktikkan perilaku
dalam bekerja seperti yang
terkandung dalam QS. al
Insyirah.

2
Meningkatkan
pengenalan dan keyakinan
terhadap aspekaspek
rukun iman
mulai dari iman
kepada Allah sampai
iman kepada qadha
dan qadar serta
asmaul husna.

Menyebutkan arti ayatayat
Al Quran yang
berkaitan dengan dengan
sifat-sifat Allah SWT.

Menjelaskan arti beriman
kepada malaikat
Menampilkan sikap
mencintai al Quran
sebagai kitab Allah.

Menjelaskan pengertian
beriman kepada rasul
Allah.

Meneladani sifat-sifat
Rasulullah SAW.

Menjelaskan pengertian
beriman kepada hari akhir.

Menyebutkan ayat-ayat al
Quran yang berkaitan
dengan hari akhir.

Menceritakan proses kejadian
kiamat sughra dan
kubra seperti terkandung
dalam al Quran dan al Hadis.

Menyebutkan ciri-ciri
beriman kepada qadha
dan qadar.

Menyebutkan contoh-contoh
qadha dan qadar
dalam kehidupan sehari-hari.

Menyebutkan ayat-ayat al
Quran yang berkaitan
dengan qadha dan qadar.

Ditampilkan ayat Al Quran tentang sifat wajib
Allah SWT, peserta didik dapat menentukan
sifat wajib Allah pada ayat tersebut.

Dipaparkan ilustrasi perilaku seseorang
dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik
dapat memilih perilaku yang mencerminkan
perilaku beriman kepada malaikat.

Disajikan beberapa perilaku terhadap al
Quran, peserta didik dapat mengkategorikan
perilaku mencintai Al Quran.

Ditampilkan beberapa perilaku dalam
kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat
mengklasifikasikan perilaku yang mencerminkan
beriman kepada rasul.

Ditampilkan kisah singkat keteladanan Nabi
Muhammad SAW., peserta didik dapat
menjelaskan sifat wajib bagi rasul yang
terkandung dalam kisah tersebut.

Disajikan wacana kejadian pada hari akhir,
peserta didik dapat menentukan istilah hari
akhir.

Disajikan beberapa ayat al Quran, peserta
didik dapat menyebutkan ayat al Quran yang
berkaitan dengan hari akhir.

Ditampilkan ayat al Quran atau al Hadits
tentang proses hari kiamat, peserta didik
dapat menyimpul-kan isi kandungan ayat
tersebut.

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik
dapat menentukan ciri-ciri beriman kepada
qadha dan qadar.

Disajikan wacana tentang peristiwa dalam
kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat
menunjukkan contoh qadha dan qadar.

Ditampilkan beberapa ayat al Quran, peserta
didik dapat menentukan ayat yang berkaitan
dengan qadha dan qadar.

3
Menjelaskan dan
membiasakan perilaku
terpuji seperti
qanaah dan tasamuh
dan menjauhkan diri
dari perilaku tercela
seperti ananiah, hasad,
ghadab dan namimah.

Menerapkan perilaku
terpuji (tawadu, taat, atau
sabar) dalam kehidupan
sehari-hari.

Menerapkan perilaku
terpuji (kerja keras, ulet,
tekun dan teliti) dalam
kehidupan sehari-hari.

Menerapkan perilaku
terpuji (zuhud dan tawakal)
dalam kehidupan
sehari-hari.

Mengklasifikasikan dan
menghindari perilaku tercela
(ananiah, ghadab, hasad,
ghibah dan namimah) dalam
kehidupan sehari-hari.

Menerapkan adab makan
dan minum dalam kehidupan
sehari-hari.

Mengklasifikasi akibat
perilaku tercela (dendam
dan munafik) dalam kehidupan
sehari-hari.

Menampilkan contoh perilaku
qana’ah dan tasamuh
dalam kehidup-an seharihari.

Menghindari perilaku
tercela (takabur) dalam
kehidupan sehari-hari.

Dideskripsikan cerita tentang perilaku seharihari,
peserta didik dapat menentukan contoh
perilaku terpuji (tawadu, taat, atau sabar).

Disajikan beberapa contoh perilaku seharihari,
peserta didik dapat mengklasifikasikan
contoh perilaku terpuji (kerja keras, ulet, tekun
atau teliti).

Disajikan beberapa contoh perilaku dalam
kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat
menentukan ciri-ciri perilaku terpuji (zuhud
atau tawakal).

Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari-hari
yang mengandung sikap tercela (ananiah,
ghadab, hasad, ghibah atau namimah), peserta
didik dapat menentukan sikap cara
menghindarinya.

Disajikan kasus tentang perilaku makan dan
minum dalam kehidupan sehari-hari, peserta
didik dapat menentukan sikap yang benar
berkenaan dengan adab makan dan minum.

Disajikan ayat Al Quran atau hadis rasulullah
tentang perilaku tercela (dendam atau
munafiq), peserta didik dapat menyimpulkan
kandungannya.

Ditampilkan beberapa pernyataan tentang
manfaat dari perilaku terpuji, peserta didik
dapat mengklasifikasikan manfaat perilaku
qanaah.

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik
dapat menentukan contoh-contoh perilaku
tasamuh.

Disajikan sebuah kasus tentang hubungan
antar umat beragama, peserta didik dapat
menentukan sikap tasamuh yang tepat.

Disajikan ayat al Quran atau al Hadits tentang
perilaku tercela, peserta didik dapat
menyimpulkan kandungannya.

Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari-hari
yang mengandung sikap tercela (takabur),
peserta didik dapat menentukan sikap untuk
menghindarinya.

4
Menjelaskan tata cara
mandi wajib dan
shalat-shalat munfa-rid
dan jamaah baik shalat
wajib maupun shalat
sunat.

Menjelaskan ketentuan
mandi wajib.

Menjelaskan ketentuan-ketentuan
shalat Jumat.

Menerapkan sujud syukur,
sujud sahwi dan sujud
tilawah.

Menyebutkan pengertian
dan ketentuan shalat
sunnat.

Disajikan tabel tentang hal-hal yang
menyebabkan hadas, peserta didik dapat
menunjukkan sebab-sebab mandi wajib.

Ditampilkan beberapa pernyataan yang
berkaitan dengan ibadah shalat Jumat,
peserta didik dapat mengklasifikasikan rukun
khutbah.

Ditampilkan ilustrasi dalam kehidupan
sehari-hari, peserta didik dapat menentukan
sujud yang relevan dengan ilustrasi tersebut.

Disajikan suatu kasus, peserta didik dapat
mengidentifikasi jenis shalat sunnat yang
relevan.

Ditampilkan beberapa pernyataan tentang
cara melaksanakan shalat sunah, peserta
didik dapat menunjukan nama shalat sunat
yang dimaksud.

5
Memahami zakat
Mempraktikkan pelaksanaan
zakat fitrah dan
zakat mal.

Disajikan kondisi sebuah keluarga, peserta
didik dapat menentukan besarnya zakat
yang harus dikeluarkan.

6
Memahami hukum
Islam tentang hewan
sebagai sumber
makanan

Menghindari makanan
yang bersumber dari binatang
yang diharamkan.

Menerapkan tatacara
penyembelihan hewan.

Ditampilkan beberapa gambar ciri-ciri
hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi
hewan yang diharamkan.

Peserta didik dapat menunjukkan tata cara
menyembelih hewan menurut ajaran Islam

7
Memahami hukum
Islam tentang haji dan
umrah

Menjelaskan pengertian
dan ketentuan haji dan
umrah.

Disajikan deskripsi suatu amalan dalam
ibadah haji, peserta didik dapat menentukan
jenis amalan tersebut.

Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta
didik dapat menunjukkan hikmah umrah.

8
Memahami dan meneladani
sejarah Nabi
Muhammad dan para
sahabat serta menceritakan
sejarah masuk
dan berkembangnya
Islam di Nusantara.

Menjelaskan sejarah Nabi
Muhammad SAW.

Menjelaskan misi Nabi
Muham-mad SAW untuk
menyempurnakan akhlak,
membangun manusia
mulia dan bermanfaat.

Menceritakan sejarah
Nabi Mu-hammad SAW
dalam membangun masyarakat
melalui kegiatan
ekonomi dan perdagangan.

Menceritakan sejarah pertumbuhan
ilmu pengetahuan
Islam sampai masa
Abbasiyah beserta peran
ilmuwan Islam.

Menceritakan sejarah
masuknya Islam di
Nusantara melalui perdagangan,
sosial, dan
pengajaran.

Menceritakan sejarah
beberapa kerajaan Islam di
Jawa, Sumatera dan
Sulawesi

Menceritakan seni budaya
lokal sebagai bagian dari
tradisi Islam

Memberikan apresiasi
terhadap tradisi dan upacara
adat kesukuan Nusantara.

Disajikan peristiwa pada masa Nabi
Muhammad SAW, peserta didik dapat
menunjukkan lokasi peristiwa tersebut pada
peta.

Disajikan kisah kehidupan sehari-hari Nabi
Muhammad SAW., peserta didik dapat
mengidentifikasi akhlak terpuji yang
terkandung di dalamnya.

Peserta didik mampu mengidentifikasi
kegiatan wirausaha yang dilaksanakan Nabi
Muhammad SAW dalam membangun
masyarakat Madinah.

Disajikan ilustrasi sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan Islam, peserta didik dapat
menunjukkan peran aktif khalifah pada masa
tersebut.

Disajikan deskripsi suatu peristiwa, peserta
didik dapat mengidentifikasi cara masuknya
Islam di Nusantara (perdagangan, sosial, atau
pegajaran).

Dideskripsikan perjuangan sebuah kerajaan
Islam dalam melawan penjajah, peserta didik
mampu meng-identifikasi kerajaan yang
dimaksud.

Disajikan deskripsi seni budaya, peserta didik
dapat menyimpulkan seni budaya lokal yang
bernuansa Islam

Disajikan deskripsi suatu tradisi atau upacara
adat kesukuan di Indonesia, peserta didik
mampu menentukan tradisi atau upacara
yang dimaksud.


CMIIW \(•˙▽˙•)/

Sumber : BSNP, Ditjen Pendidikan Islam and Here

_________________
Biasakan berterima kasih atas pemberian orang lain

KLIK TANDA + DIPOJOK KANAN ATAS

KLIK "Thanks" untuk menghargai posting orang lain

+++++++++++++++++++++++++++++++++++
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user https://twitter.com/BrilliandaR9428
 
[Share] Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Agama Islam USBN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2011/2012
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
MARKITBEL Forum :: Share, Ask, & Earn :: SMP :: Agama Islam-
Navigasi: